Sejarah World Wide Web (www)

World Wide Web (WWW) ,dengan nama Web, layanan pencarian informasi terkemuka dariInternet ( jaringan komputer di seluruh dunia). Web memberi pengguna akses ke sejumlah besar dokumen yang terhubung satu sama lain melalui: hiperteks atau tautan hypermedia yaitu, hyperlink, koneksi elektronik yang menghubungkan potongan informasi terkait untuk memungkinkan pengguna mengaksesnya dengan mudah.

Hypertext memungkinkan pengguna untuk memilih kata atau frase dari teks dan dengan demikian mengakses dokumen lain yang berisi informasi tambahan yang berkaitan dengan kata atau frase tersebut. Dokumen hypermedia menampilkan tautan ke gambar, suara, animasi, dan film. Web beroperasi dalam dasar Internetformat klien-server ;server adalah program komputer yang menyimpan dan mengirimkan dokumen ke komputer lain di jaringan saat diminta, sedangkan klien adalah program yang meminta dokumen dari server saat pengguna memintanya. Perangkat lunak browser memungkinkan pengguna untuk melihat dokumen yang diambil.

Dokumen hypertext dengan teks dan hyperlink yang sesuai ditulis dalam HyperText Markup Language ( HTML ) dan diberi alamat online yang disebut aUniform Resource Locator ( URL ).

Pengembangan World Wide Web dimulai pada tahun 1989 oleh Tim Berners-Lee dan rekan-rekannya di CERN , sebuah organisasi ilmiah internasional yang berbasis di Jenewa, Swiss. Mereka membuat protokol, Hyper Text Transfer Protocol ( HTTP ), yang standar komunikasi antara server dan klien. Browser Web berbasis teks mereka tersedia untuk rilis umum pada Januari 1992.

World Wide Web memperoleh penerimaan yang cepat dengan pembuatan browser Web yang disebut Mosaic , yang dikembangkan di Amerika Serikat oleh Marc Andreessen dan yang lainnya di National Center for Supercomputing Applications di University of Illinois dan dirilis pada September 1993. Mosaic memungkinkan orang yang menggunakan Web untuk menggunakan manipulasi grafis “titik-dan-klik” yang sama yang telah tersedia di komputer pribadi selama beberapa tahun. Pada April 1994, Andreessen ikut mendirikan Netscape Communications Corporation, yang Netscape Navigator menjadi browser Web yang dominan segera setelah dirilis pada bulan Desember 1994. Internet Works dari BookLink Technologies, browser pertama dengan tab, di mana pengguna dapat mengunjungi situs Web lain tanpa membuka jendela yang sama sekali baru, memulai debutnya pada tahun yang sama. Pada pertengahan 1990-an World Wide Web memiliki jutaan pengguna aktif.

Raksasa perangkat lunak Microsoft Corporation menjadi tertarik untuk mendukung aplikasi Internet di komputer pribadi dan mengembangkan browser Web sendiri (awalnya berdasarkan Mosaic),Internet Explorer (IE), pada tahun 1995 sebagai add-on untuk sistem operasi Windows 95 . IE diintegrasikan ke dalam sistem operasi Windows pada tahun 1996 (yaitu, “dibundel” siap digunakan dalam sistem operasi komputer pribadi), yang memiliki efek mengurangi persaingan dari produsen browser Internet lainnya, seperti Netscape. IE segera menjadi browser Web paling populer.

Apel Safari dirilis pada tahun 2003 sebagai browser default pada komputer pribadi Macintosh dan kemudian pada iPhone (2007) dan iPad (2010). Safari 2.0 (2005) adalah browser pertama dengan mode privasi, Penjelajahan Pribadi, di mana aplikasi tidak akan menyimpan situs Web dalam riwayatnya, file yang diunduh dalam cache , atau informasi pribadi yang dimasukkan di halaman Web. Jasa pembuatan website Medan dapat membantu anda membuat website yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Penantang serius pertama untuk dominasi IE adalah Mozilla Firefox , dirilis pada tahun 2004 dan dirancang untuk mengatasi masalah kecepatan dan keamanan yang melanda IE. Pada tahun 2008 Google meluncurkan Chrome , browser pertama dengan tab terisolasi, yang berarti bahwa ketika satu tab mogok, tab lain dan seluruh browser akan tetap berfungsi. Pada tahun 2013 Chrome telah menjadi browser yang dominan, melampaui popularitas IE dan Firefox. Microsoft menghentikan IE dan menggantinya dengan Ujung pada tahun 2015.

Pada awal abad ke-21, smartphone menjadi lebih seperti komputer, dan layanan yang lebih canggih, seperti akses Internet, menjadi mungkin. Penggunaan web pada ponsel cerdas terus meningkat, dan pada tahun 2016 menyumbang lebih dari setengah penjelajahan Web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *